Metode Belajar : Kumon

Metode Kumon

Metode Kumon

KUMON adalah sistem belajar yang memberikan program belajar secara perseorangan sesuai dengan kemampuan masing-masing, yang memungkinkan anak menggali potensi dirinya dan mengembangkan kemampuannya secara maksimal. Melalui pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, KUMON tidak hanya membentuk kemampuan akademik saja, akan tetapi juga membentuk karakter yang positif dan “life-skills” (ketrampilan hidup) yang akan berguna bagi masa depan anak.

KUMON dapat diikuti oleh anak prasekolah, siswa SD, siswa SMP dan siswa SMA, dengan segala tingkat kemampuan. Sistem belajar KUMON didukung oleh materi bahan pelajaran yang tersusun secara sistematis dan ‘step by step’ sehingga tanpa terasa pelajaran anak dapat maju ke bagian yang lebih tinggi.

Kumon dikembangkan pertama kali di tahun 1954 oleh seorang guru Matematika SMA Jepang, Toru Kumon, yang awalnya ingin membantu pelajaran Matematika anaknya. Kini Kumon telah menyebar di 45 negara di dunia dengan jumlah siswa lebih dari 4.13 juta anak.

KEISTIMEWAAN KUMON

Di KUMON, anak belajar dengan cara: membaca petunjuk dan contoh soal pada lembar kerja, berpikir sendiri, lalu mengerjakan soal dengan kemampuannya sendiri. Sistem belajar, bahan pelajaran, dan pembibingan KUMON dibuat sedemikian rupa agar anak dapat belajar secara mandiri.

Sesuai Kemampuan Masing-masing Anak

Di KUMON pelajaran yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak, bukan berdasarkan tingkatan kelas atau usia anak. Agar anak dapat mengerjakan pelajarannya dengan lancar secara mandiri, mereka perlu diberikan pelajaran yang “tepat”. Dengan sistem belajar ini, kemapuan setiap anak dapat berkembang secara maksimal.

Bahan Pelajaran Small Steps

Rangkaian soal-soal pada lembar kerja KUMON tersusun secara “small steps” sehingga dapat leluasa disesuaikan dengan kemampuan belajar dan kemajuan anak. Disusun sedemikian rupa agar dapat membentuk kemampuan dasar yang mantap dan memungkinkan anak mengerjakan level yang lebih tinggi dari tingkatan kelasnya dengan kemampuannya sendiri.

Dukungan Pembimbing untuk Setiap Individu Anak

Pembimbingan di KUMON bertujuan agar anak maju ke pelajaran yang lebih tinggi dengan kemampuannya sendiri. Karena itu, pembimbing selalu memperhatikan dan mengamati satu per satu anak dengan baik, lalu memberikan lembar kerja dan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan dan keadaan setiap individu anak.

Metode belajar Kumon yang terkenal dan mendunia saat ini merupakan hasil cinta seorang ayah terhadap anaknya setengah abad yang lalu. Semuanya dimulai dari pengalaman biasa. Suatu hari, seorang anak laki-laki yang duduk di kelas 2 SD pulang dari sekolahnya dengan membawa hasil tes matematika di sakunya. Kemudian Ibunya menemukan hasil tes tersebut dan melihat nilai yang jelek.

Ayah anak tesebut, Toru Kumon, adalah seorang guru matematika yang mengajarkan matematika dengan cara yang tidak umum dilakukan di masyarakat. Pendekatan yang digunakan oleh Toru Kumon adalah fokus pada anak, dan ternyata hal inilah yang akhirnya menjadikan metode belajar Kumon revolusioner 50 tahun kemudian.

Setiap malam Toru Kumon membuat soal-soal matematika yang harus dikerjakan selama 30 menit oleh anaknya di siang hari. Toru Kumon berusaha untuk menyesuaikan soal-soal yang dibuatnya dengan kemampuan berfikir anaknya sehingga anaknya dapat dengan mudah mempelajari konsep.

Toru Kumon menyaksikan anaknya dapat mempelajari sendiri konsep demi konsep secara efektif. Dengan cepat nilai anaknya meningkat hingga dapat melampaui kurikulum di sekolahnya. Hal ini membuktikan kepada Toru Kumon bahwa jika pendidikan benar-benar sinergis dengan kemampuan setiap anak, maka mereka akan mampu belajar dengan sangat baik melebihi harapan dan kurikulum sekolah. Selanjutnya, hal ini akan membuat mereka merasa nyaman dengan sekolah, membuka masa depan dan menguatkan karakter mereka.

Karena dorongan dan permintaan dari banyak orangtua, akhirnya Toru Kumon memutuskan membuka kelas Kumon Matematika untuk anak-anak yang tinggal di sekitar rumahnya. Dia menyaksikan sendiri bahwa anak-anak merespon lembar kerjanya dan metode belajar Kumon dengan antusias. Hal ini mendorongnya untuk menolong sebanyak mungkin anak untuk menggali potensi mereka.

Saat ini, banyak siswa yang belajar matematika dan bahasa dengan lembar kerja metode Kumon di 45 negara di dunia. Setiap jam dalam sehari, anak-anak dimana saja sedang mengerjakan lembar kerja Kumon untuk menggali potensi dalam diri mereka melalui belajar sendiri (self learning).

Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh keluarga yang telah belajar dengan metode Kumon 50 tahun yang lalu. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada jutaan anak, orangtua mereka, dan semua pembimbing yang telah membuka kelas Kumon di masyarakat.

Kami semua mendedikasikan pembelajaran dan perkembangan kepada siswa-siswa kami. Kami berharap setiap anak dapat mencapai tujuan dan mimpi besar mereka di masa yang akan datang. Kami akan tetap malanjutkan komitmen kami untuk melayani masyarakat melalui pengembangan setiap anak.

Keluarga besar Kumon akan terus belajar, berfikir dan berkembang sebagai pendidik, selalu menekankan rasa tanggungjawab kepada setiap anak dan masa depan mereka. Kami akan terus berusaha menaggali potensi setiap anak di dunia untuk 50 tahun ke depan.

sumber: id.kumonglobal.com

 

jogjatranslate.com jasatranslate.com copycdjogja.com duplikatcd.com alatinterpreter.us alat-interpreter.com sewaalatinterpreterjogja.com rentalalatinterpreterjogja.com persewaanalatinterpreter.com jasainterpreter.us sewaalatinterpretersurabaya.com sewaalatinterpretersemarang.com interpreterjogja.com

3 comments on “Metode Belajar : Kumon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

889 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>